Posted on

Bagaimana sugar glider bisa melayang / glide ?

Mata sugar glider dipisahkan jauh, memungkinkan mereka untuk melakukan pengukuran jarakantara lokasi peluncuran dan pendaratan saat meluncur.
Sugar Glider melayang

 

Membran melayang memanjang dari luar jari kelima dari setiap kaki depan ke jari pertama setiap kaki belakang. Saat kaki diregangkan, membran ini memungkinkan sugar glider meluncur jarak yang cukup jauh. Membran ini didukung oleh otot tibiocarpalis, humerodorsalis dan tibioabdominalis yang berkembang dengan baik, dan gerakannya dikendalikan oleh otot pendukung ini bersamaan dengan gerakan batang tubuh, ekstremitas dan ekor.
Sugar glider memiliki anggota tubuh depan dan belakang melebar pada sudut
kanan ke tubuh mereka, dengan kaki tertekuk ke atas. Hewan itu meluncurkan dirinya dari pohon, menyebarkan tungkainya untuk mengekspos membran
peluncur. Ini menciptakan tekanan udara yang memungkinkan mereka
meluncur 50 meter atau lebih. Untuk setiap 1,82 m bepergian secara horizontal saat meluncur, sugar glider turun 1m.
Sugar Glider melayang

Sugar gliderdapat mengarahkan arah melayang dengan menggerakkan anggota badan mereka dan menyesuaikan ketegangan membran melayang mereka; Sebagai contoh, untuk berbelok ke kiri, sugar glider akan menurunkan lengan bawah kirinya di bawah kanannya. Bentuk gerakan menekan udara ini biasanya digunakan untuk melakukan perjalanan dari pohon ke pohon; sugar glider jarang turun ke tanah. Meluncur memberikan penghindaran terhadap predator. Serta kemungkinan manfaat dalam mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari makanan bergizi yang tidak terdistribusi secara merata. Menggunakan meluncur sebagai mode penggerak juga memungkinkan sugar glider menurunkan konsumsi energi mereka saat mencari makanan.

Menarik bukan ?
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *