Posted on

10 Fakta Unik Tentang Sugar Glider

Sugar glider atau yang dikenal dengan nama latin Petaurus Breviceps merupakan salah satu hewan jenis Marsupial (mamalia yang betinanya berkantong) yang hidup di hutan tropis Australia dan Indonesia bagian timur. Meskipun fisiknya mirip dengan bajing, tupai, atau possum, tapi hewan ini masih satu keluarga dengan kangguru.

Bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang hewan mungil ini, berikut merupakan beberapa fakta unik tentang sugar glider. Di antaranya,

  1. Bisa terbang

Membran patagia (parasut) yang terbentang di antara kaki depan dan belakang hewan ini mampu membuatnya meluncur (glid) sejauh kurang lebih 50 meter.

  1. Hewan mini

Ukuran badan sugar glider hanya sekitar 17 cm dengan ekor sepanjang 19 cm. Sedangkan beratnya sekitar 115 gram untuk betina dan 140 gram untuk jantan. Bisa dibayangkan betapa mungilnya hewan lucu ini.

  1. Pemakan segala

Meskipun mungil, hewan lucu ini termasuk pemakan segala. Mereka suka menghisap getah pohon, makan biji-bijian, buah-buahan, jamur, telur burung, hingga berburu kadal dan serangga.

  1. Aktif di malam hari

Mata lebar merupakan bekal utama sugar glider untuk melihat saat gelap. Sedangkan telinganya berfungsi untuk mendeteksi lokasi mangsa saat malam hari.

  1. Berkantong

Karena termasuk keluarga kangguru yang berjenis marsupial, sugar glider betina memiliki kantong untuk membawa bayi mereka yang baru lahir hingga berumur 70 hari.

  1. Bersarang di lubang pohon

Di alam liar, hewan yang juga dikenal dengan nama possum melayang ini hidup dan bersarang di lubang pepohonan tua yang telah ditandai dengan urine.

  1. Memiliki jari unik

Sugar glider memiliki empat jari dan satu ibu jari yang saling berlawanan arah. Jari unik tersebut berfungsi sebagai kait yang memudahkan mereka mencengkeram dahan pohon.

  1. Tidak pernah berburu di tanah

Di habitat aslinya, possum melayang bergerak dengan cara meluncur atau melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Karena itulah saat berburu mereka hampir tidak pernah menyentuh tanah.

  1. Aroma khas

Sugar glider jantan memiliki bulu di atas kepala mereka. Bulu tersebut biasanya dioleskan pada pohon dan daun hingga mengeluarkan aroma khas. Aroma tersebut berfungsi sebagai penanda, bahwa tempat tersebut merupakan daerah kekuasaan si jantan.

  1. Berkelompok

Sugar glider termasuk hewan yang suka berkelompok. Dalam satu kelompok biasanya ada sekitar 25 hingga 30 ekor.

Itulah beberapa fakta unik tentang hewan khas Indonesia tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *