Posted on

5 Jenis dan Harga Sugar Glider di Indonesia

Sugar glider atau yang juga dikenal sebagai possum melayang merupakan hewan asli Indonesia yang berhabitat di hutan Papua. Hewan ini banyak ditemukan bersarang di lubang-lubang pepohonan tua dan aktif saat malam hari. Belakangan, hewan yang mirip dengan tupai tersebut banyak diminati orang untuk dijadikan peliharaan.

Bentuk badannya yang mungil dan wajahnya yang lucu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta hewan. Apalagi perawatan sugar glider tergolong mudah. Tidak heran jika semakin hari, peminat hewan berjenis marsupial ini semakin meningkat.

Di Indonesia sendiri, Ada beberapa jenis sugar glider yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar. Berikut beberapa jenis dan harga sugar glider yang populer di kalangan pecintanya.

  1. Classic Grey

Dari semua jenis sugar glider, Grey merupakan jenis yang paling populer dan ramah bagi pemula. Hewan unik ini memiliki ciri-ciri khusus berupa warna tubuh abu-abu yang dihiasi dengan corak berwarna putih berbentuk huruf “V” di bagian kepala. Harga sugar glider Grey dewasa dibanderol sekitar Rp400.000 hingga Rp500.000 per ekor.

  1. White Face

Sama seperti namanya, jenis ini memiliki wajah yang didominasi warna putih. Meskipun sekilas bentuk fisiknya mirip jenis Grey, tetapi warna putih pada wajah White Face lebih dominan dibanding Grey yang didominasi warna abu-abu. Untuk satu ekor White Face, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 1,5 hingga 2,5 juta rupiah.

  1. Mosaic

Jika White Face memiliki warna dominan putih pada wajah, Mosaic  didominasi warna putih mulai dari wajah hingga ujung ekornya. Sedangkan di ujung kepala, terdapat sedikit corak abu-abu yang membentuk garis hingga ke ekor. Kecantikan corak dan warna inilah yang membuat Mosaic dibanderol sekitar Rp3.500.000 hingga Rp6.000.000 per ekornya.

  1. Leucistic

Apakah Anda pecinta warna putih? Jika iya, Leucistic mungkin akan membuat Anda tergila-gila. Jika jenis lain masih memiliki corak abu pada tubuh dan wajah, jenis ini hanya memiliki satu warna dan corak, yaitu putih. Karena keunikannya ini, Leucistic tergolong sebagai sugar glider termahal. Harga sugar glider jenis ini berkisar sekitar 4,5 hingga 6 juta.

  1. Albino

Meskipun tergolong kecacatan, sugar glider Albino dianggap unik dan menarik. Perbedaan jenis ini dan Leusistic terletak pada warna matanya. Albino memiliki warna merah darah yang menarik dan cantik. Untuk memilikinya, pecinta sugar glider harus mengeluarkan uang sekitar 10 hingga 15 juta per ekornya.

Jadi, jenis sugar glider manakah yang Anda minati?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *