Posted on

Ingin Kenalkan Sugar Glider pada Anak? Baca Dulu Ini

Mengajak anak memelihara hewan berguna untuk melatih rasa kasih serta tanggung jawab. Bagi pecinta hewan eksotis, sugar glider harga murah seperti classic grey mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, jangan terlalu cepat membelikan sugar glider untuk si kecil, karena hewan ini bukan pilihan yang terlalu tepat.

 

Ukuran kecil serta kerapuhan membuat sugar glider kurang ideal sebagai hewan peliharaan untuk anak-anak. Selain itu, hewan eksotis ini juga membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam hal proses bonding, pemberian makan, dan sebagainya. Oleh karena itu, hewan ini kurang disarankan untuk anak-anak, terutama jika orang tua kurang bisa mengawasinya.

 

Jika Anda tetap ingin memperkenalkan sugar glider kepada anak, perhatikan hal-hal berikut ini.

 

Pastikan Anak Bisa Belajar Bertanggung Jawab

Idealnya, Anda bisa memperkenalkan sugar glider saat anak sudah berusia sekitar 11 atau 12 tahun, yaitu saat konsep tanggung jawab yang kompleks sudah bisa ditanamkan. Pada usia tersebut, anak juga bisa diajari melakukan berbagai kegiatan, seperti memotong buah-buahan, membersihkan kandang, hingga melakukan bonding.

 

Lakukan Edukasi Sebelum Mengadopsi

Anda harus sudah mengajarkan anak segala hal tentang sugar glider, seperti kebiasaan, pola makan, hingga cara benar mengajaknya bermain. Anda juga harus menekankan hal-hal yang bisa membuat sugar glider sakit atau stres, mulai dari pola makan keliru, hingga diabaikan oleh pemiliknya. Semua informasi ini bisa diperoleh di situs khusus sugar glider seperti AdewapGlider.

 

Pastikan Orang Tua Siap Mendampingi

Sugar glider adalah hewan yang sensitif, rentan, dan membutuhkan bonding serta pola makan teratur. Sebagai orang tua, Anda harus selalu siap mendampingi anak dalam mengurus hewan ini. Anda harus menemani anak selama melakukan proses bonding, karena sugar glider yang belum beradaptasi mungkin mengeluarkan reaksi yang bisa membuat anak takut.

 

Anda juga harus memerhatikan jadwal belanja dan menyiapkan makanan-makanan selingan untuk hewan tersebut, seperti buah dan sayuran segar. Ajari anak untuk menyiapkan makanan sugar glider sendiri, lengkap dengan porsi yang tepat, agar si anak bisa melakukannya sendiri sekaligus belajar bertanggung jawab.

 

Jika Anda merasa si anak belum siap memelihara sugar glider, jangan ragu menunda keputusan tersebut. Walau sugar glider harga murah banyak tersedia, Anda harus memastikan bahwa semua penghuni rumah sudah siap untuk memeliharanya, termasuk si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *