Posted on

Kenali Tanda-Tanda Stres pada Sugar Glider

Memelihara sugar glider memberi sensasi tersendiri, karena hewan ini mungil dan senang menempel pada pemiliknya jika sudah akrab. Sugar glider joey alias anakan juga terkenal mudah diajari untuk beradaptasi serta dekat dengan pemiliknya (bonding). Akan tetapi, ini bukan berarti sugar glider tidak bisa merasa stres.

 

Sama seperti manusia, sugar glider juga bisa stres akibat berbagai sebab, misalnya ketika pindah ke lingkungan baru, kesepian, diajak bepergian, mendapat teman baru di dalam kandang, kehilangan pasangan, mendapat makanan jenis baru, hingga ketika baru disapih. Berikut beberapa tanda stres umum yang harus Anda waspadai.

 

Menggonggong atau “Menangis”

Sugar glider yang stres kerap mengeluarkan suara mirip gonggongan atau tangisan. Ini biasanya terjadi ketika hewan ini kesepian, bosan, atau merasa diabaikan. Solusinya adalah sering mengajak hewan ini bermain atau berinteraksi. Caranya bisa dengan melakukan bonding menggunakan pouch yang dijual di toko khusus seperti AdewapGlider.

 

Bersikap Agresif dan Crabbing

Sikap agresif seperti menggigit, mendesis, atau mencakar adalah gejala umum saat sugar glider dipindahkan ke lingkungan yang belum dikenalnya, misalnya saat baru dibeli. Crabbing adalah suara khas yang dikeluarkan hewan ini saat sedang marah. Semua hal ini bisa dikurangi dengan melakukan bonding.

 

Lelah, Menarik Diri, dan Tidak Bersemangat

Perilaku seperti menarik diri atau nampak lelah dan lesu adalah gejala stres umum ketika sugar glider merasa bosan atau terabaikan. Akan tetapi, ini juga bisa menandakan bahwa hewan tersebut sedang sakit.

 

Kebiasaan Makan yang Janggal

Ada beberapa kebiasaan makan yang harus Anda waspadai pada sugar glider: makan berlebihan (hyperphagia), menolak makan sama sekali (hypophagia), atau memakan kotorannya sendiri (coprophagia). Kebiasaan makan aneh ini bisa menandakan stres akibat kebosanan atau pola makan yang keliru.

 

Khusus untuk perilaku malas makan, ini bisa terjadi ketika sugar glider baru dibeli. Jika proses adaptasinya lancar, hewan ini biasanya akan mulai makan dalam 2-3 hari.

 

Pitak/Luka Karena Perilaku Sendiri

Sugar glider yang stres bisa jadi menggaruk-garuk atau bahkan menggigiti tubuhnya sendiri, sehingga menimbulkan pitak dan luka. Jika ini terus terjadi, Anda harus membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan, sekaligus melacak penyebabnya.

 

Memelihara sugar glider joey mungkin memudahkan proses adaptasi, namun memastikan agar hewan peliharaan Anda tidak stres juga penting, tidak peduli berapapun usianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *