Posted on

Serunya Komunitas Sugar Glider di Indonesia!

Apa sih sebenarnya sugar glider itu?

Sugar glider merupakan hewan asli Indonesia yang berasal dari Papua. Secara fisik, hewan ini mirip dengan tupai dan bajing. Apalagi sugar glider memiliki membran patagia (sayap yang berfungsi sebagai parasut) yang mirip dengan membran pada tupai. Padahal kenyataannya, hewan ini termasuk jenis marsupial dan masih satu keluarga dengan kangguru.

Tidak heran jika selain di Papua, sugar glider juga bisa ditemukan di hutan Australia dan Pulau Tasmania. Meskipun habitat aslinya berada di hutan, tetapi banyak orang yang membudidayakan hewan ini. Di Indonesia sendiri, sugar glider termasuk salah satu hewan yang memiliki banyak peminat.

Bentuk mungil dan wajah lucu merupakan alasan mengapa banyak orang yang ingin menjadikan hewan ini sebagai peliharaan. Apalagi perawatan sugar glider termasuk mudah dan kandangnya tidak memakan banyak tempat. Karena peminatnya cukup banyak, tidak heran jika di Indonesia banyak bermunculan komunitas pecinta sugar glider.

Baik secara online maupun offline komunitas-komunitas tersebut sering sekali mengadakan pertemuan. Pembahasannya pun beragam, mulai dari jenis sugar glider, stabilitas harga, cara perawatan, tips pembuatan kandang, potong kuku gratis, hingga cara melatih untuk hewan lucu tersebut agar bonding dengan owner nya.

Selain membahas segala hal tentang sugar glider, komunitas-komunitas ini memiliki tujuan yang sama. Yaitu untuk mencintai, mengedukasi dan melestarikan populasi berbagai jenis sugar glider di Indonesia. Menurut mereka, daripada hewan ini diburu secara liar dan diperjual belikan sebagai bahan makanan. Lebih baik sugar glider dibudidayakan dan dipelihara sebagaimana hamster, marmut, dan kelinci.

Apalagi menurut data statistik, sekitar 90% sugar glider yang beredar di dunia berasal dari Papua. Hal ini terjadi karena perburuan hewan mungil ini merajalela di sana. Berbeda dengan Australia dan Pulau Tasmania yang memperlakukan sugar glider sebagai hewan langka.Sehingga perburuan liar ditindak secara hukum di negara tersebut.

Keadaan ini tentu saja sangat mengkhawatirkan. Karena jika dibiarkan, populasi hewan asli Indonesia tersebut lama kelamaan akan berkurang. Sebagai salah satu langkah preventif, Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI) pun dibentuk. Sebagai bentuk keseriusan, komunitas ini tidak hanya bersosialisasi dengan sesama pecinta sugar glider di kota-kota Indonesia.

Tetapi juga berupaya untuk melestarikan hewan tersebut melalui budidaya dan peternakan. Dalam hal ini termasuk pelestarian jenis sugar glider yang langka dan mahal seperti Albino dan Leucistic.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk ikut serta dalam upaya pelestarian sugar glider. Jika iya, silahkan bergabung dengan KPSGI regional di kota Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *