Posted on

Tips Membuat Kandang Sugar Glider yang Nyaman

Beberapa tahun belakangan popularitas sugar glider sebagai hewan peliharaan cukup meningkat. Wajah yang imut dan bentuk fisiknya yang mungil membuat banyak orang tertarik memelihara hewan yang habitat aslinya berada di Australia dan Indonesia Timur tersebut.

Selain itu, perawatan sugar glider juga cukup mudah. Soal makanan, kita juga tidak perlu repot. Karena tergolong hewan omnivora, sugar glider atau yang dikenal dengan possum melayang suka dengan berbagai jenis makanan. Serangga, kadal, getah pohon/nektar, biji-bijian, buah-buahan, dan jamur adalah makanan favorit hewan mungil ini.

Nah, jika Anda tertarik memelihara hewan mungil ini ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan menyediakan kandang. Berikut merupakan beberapa tips membuat kandang sugar glider yang bisa dijadikan referensi. Mari kita simak ulasannya!

  1. Ukurannya tepat

Karena bertubuh mungil, sugar glider tidak membutuhkan kandang yang luas. Tapi bukan berarti kita harus menyediakan kandang yang sempit dan kecil. Buatlah kandang dengan ukuran yang tepat. Hewan ini senang sekali melompat dan memanjat, karena itu buatlah kandang dengan ukuran yang cukup leluasa bagi sugar glider untuk beraktivitas.

  1. Ada tempat makan dan minum

Untuk tempat makan dan minum, gunakan wadah khusus yang biasanya dipakai pada kandang burung atau hamster. Selain praktis, tempat semacam itu juga antitumpah, sehingga kandang sugar glider  mudah dibersihkan dan senantiasa rapi.

  1. Ada mainan

Sama seperti hamster, untuk mencegah sugar glider peliharaan terkena obesitas sediakan mainan seperti roda berputar atau jembatan dari tali. Selain bisa mencegah obesitas, mainan tersebut juga bisa menjadi hiburan tersendiri bagi peliharaan Anda.

  1. Ada tempat bersembunyi

Meskipun sudah berada di dalam kandang, sugar glider masih membutuhkan tempat bersembunyi seperti rumah-rumahan mungil atau terowongan mainan. Tempat bersembunyi tersebut selain dapat mencegah sugar glider terpapar sinar matahari langsung saat dijemur, juga bisa menyembunyikan hewan ini dari predator seperti kucing dan anjing.

  1. Sediakan serbuk kayu sebagai alas kandang sugar glider

Sama halnya seperti pada kandang kucing Anggora, fungsi serbuk kayu adalah untuk mencegah lembap pada kandang. Agar kandang senantiasa bersih, usahakan untuk mengganti sebuk kayu dengan yang baru minimal seminggu dua kali. Selain serbuk kayu anda juga bisa menggunakan pasir zeloid atau koran sebagai penggantinya.

Nah, itulah beberapa tips tentang membuat kandang sugar glider yang nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *