Posted on

Berinteraksi Dengan Sugar Glider

mosaic betina
 

 

joey classic grey

Sugar Glider dapat menjadi sangat dekat dengan pemiliknya (Bonding) apabila kita menyediakan waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan mereka. Jangka waktu interaksi yang disarankan adalah sekitar 2 jam setiap hari.
Mulailah dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :
·        Handsfeed : Pemberian makan langsung dengan jari. Coleklah sedikit bubur dengan ujung jari lalu sodorkan pada Sugar Glider kita dengan posisi kuku berada di bawah. Pada awalnya Sugar Glider pasti akan Crabbing dan berusaha menggigit jari kita, namun jangan takut. Lambat laun Sugar Glider kita pasti akan mulai menjilati bubur tersebut. Jangan membuat gerakan yang dapat mengejutkan Sugar Glider pada tahap ini. Read More
·        Touching : Setelah beberapa hari Sugar Glider kita terbiasa dengan jari kita, mulailah untuk untuk menyentuh dan mengelus-elus Sugar Glider kita perlahan-lahan. Jangan takut apabila Sugar Glider kita menggigit karena gigitan Sugar Glider lebih sekedar karena rasa ingin tahu bukan bermaksud menyakiti. Apabila kita mendadak menarik tangan kita karena refleks  akibat  rasa sakit, maka Sugar Glider pun akan terkejut dan merasa terancam. Usap-usaplah terus Sugar Glider kita sambil kita panggil namanya agar ia merasa familiar dengan bau dan suara kita.
·        Membekap dengan telapak tangan : Setelah Sugar Glider kita terbiasa dengan sentuhan tangan kita, ambilah ia perlahan-lahan dari pouch nya. Keluarkan dari kandang dan bekaplah ia dalam kedua telapak tangan kita. Hal ini bertujuan agar ia dapat merasakan kehangatan suhu tubuh kita dan merasa terlindungi. Pada awalnya Sugar Glider kita pasti akan berusaha untuk keluar dan berlari-lari di tubuh kita (Jumpy). Biarkan ia mengeksplorasi tubuh kita sebentar kemudian arahkan ia kembali ke telapak tangan kita. Usahakan ia sampai tertidur di dalam telapak tangan kita, bila ini sudah berhasil maka Sugar Glider sudah bisa dikatakan jinak.
Ingatlah bahwa Sugar Glider seperti juga manusia yang memiliki karakter, sifat dan temperamennya masing-masing. Tidak ada patokan waktu yang pasti untuk membuat Sugar Glider menjadi jinak apalagi Bonding. Namun tetaplah berusaha dengan sabar dan telaten sehingga Sugar Glider kita akhirnya mengetahui bahwa kita bukanlah ancaman baginya, malahan owner yang menyayanginya. 


Artikel credit by om Fay

Continue reading Berinteraksi Dengan Sugar Glider

Posted on

Makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan pada sugar glider

mosaic betina

Sugar Glider cenderung memakan apa yang dia temui dan menarik perhatiannya, Sebagai adopter / pecinta sugar glider sudah pasti kita harus sangat berhati hati dalam memperlakukan sugar glider, dalam hal ini makanan apa saja yang dia konsumsi sehari-hari, karena jika tidak kita perhatikan sugar glider bisa menjadi kurang nutrisi karena salah pemberian makanan, bahkan bisa keracunan dan mati.
Sebaliknya jika kita memberikan terlalu banyak makanan, maka mereka bisa menjadi gendut / dikenal sebagai obesitas, yang juga tidak baik untuk sugar glider sendiri.

Sugar glider sesuai namanya sangat menyukai makanan yang manis, seperti buah buahan, di alam liar sugar glider makan nektar dan sari buah, bunga, serta berbagai macam serangga yang ditemuinya. Dalam penangkaran dan pemeliharaan di rumah kita cukup berikan sugar glider bubur sun sebagai diet utama nya, karena sudah mengandung banyak karbohidrat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan sugar glider, makanan yang perlu di tambahkan ialah buah buahan, ulat hongkong / ulat german, serta vitamin khusus sugar glider seperti HPW instan dan Bee Pollen yang kamu bisa dengan mudah peroleh di toko toko ecommerse di indonesia. kamu juga bisa menambahkan snack snack khusus sugar glider, spertu marsh mallow, fish snack, chiken formula serta produk lainya. 

Makanan yang tidak boleh diberikan pada SG antara lain :

  1. Produk yang mengandung susu ber laktosa, karena dapat menyebabkan diare.
  2. Kacang kacangan & alpukat karena berlemak dan dapat menyebabkan penyumbatan usus.
  3. Telur dan daging mentah, pemberian telur sebaiknya direbus terlebih dahulu.
  4. Coklat, kopi dan teh sangat beracun untuk hewan imut ini.
  5. Produk yang mengandung bawang, karena sangat beracun dan mengakibatkan anemia bagi sugar glider dan hewan kecil lainya.
  6. Serangga liar, karena rawan terhadap pestisida
  7. Junk Food atau makanan yang mengandung bahan kimia dan berlemak tinggi
Sebaiknya mengganti ganti makanan sugar glider kesayangan anda agar mereka tidak merasa bosan, juga untuk menjaga kesehatannya.
Posted on

Jenis variasi warna sugar glider di indonesia

Jenis Jenis SugarGlider
Sugar Glider hewan yang sangat lucu dan menggemaskan, tak heran belakangan sudah mulai banyak sekali adopter / pecinta hewan yang mulai memiliki dan menjadikan hewan saku ini menjadi teman bermain sehari hari. Jika anda ignin mengetahui berbagai macam jenis warna sugar glider, anda bisa datang ke peternakan kami, kami sudah mengirimkan hewan lucu ini ke seluruh indonesia sejak 2014 sampai sekarang, Kami memiliki hampir semua jenis sugar glider namun apapun jenis warna nya, sugar glider dapat menjadi teman setia yang senang tinggal di saku anda.
Jenis jenis sugar glider :

Classic
grey

Jual Sugar Glider classic grey murah
Jenis ini adalah jenis standart kebanyakan sugar glider yang ada di
indonesia, warnay bulu nya abu abu dengan mata hitam, jenis ini adalah jenis
dengan harga yang paling murah diantara jenis sugar glider lainnya.
Lihat koleksi Classic grey kami
 
White
Face

Jual Sugar Glider white face murah

Jenis white face seperti namanya memiliki muka putih dengan bulu lainya berwarna grey, sama seperti classic grey hanya mukanya saja yang berwarna putih.

Lihat Koleksi Whiteface yang tersedia
 
Black
Beauty

Jual Sugar Glider black beauty murah

Jenis Sugar glider ini sebenarnya sangat langka dan hanya sedikit di indonesia, warna bulunya layaknya jenisclassic grey standart, namun memiliki aksen lebih hitam pekat pada bulu di sekitar lingkaran mata, telinga, avatar  yang tajam, kaki, serta ekor yang lebih hitam dari jenis classic.

 
Platinum

Jual Sugar Glider platinum murah

Jenis sugar glider ini memilki avatar hitam yang tipis samar, dan berbulu grey agak keemasan / keperak perakan, sekilas agak menyerupai classic grey, namun secara gen platinum memiliki gen resesif. Terkadang warna bulunya hampir putih memudar (perak) layaknnya jenis mosaic.

 
Creamino

Jual Sugar Glider creamino murah

Jenis sugar glider ini memiliki warna cream yang sangat indah, bermata ruby / merah, avatar abu abu tipis, creamino memiliki gen resesif.

 
Leucistic

Jual Sugar Glider leucistic murah

Jenis sugar glider leucistic, memiliki warna bulu seluruhnya putih dengan mata hitam, leucistic memiliki gen resesif.

Lihat Koleksi leucistic kami


Albino

Jual Sugar Glider albino murah

Jenis sugar glider albino sebenarnya tidak memiliki pigmen, sehingga membuatnya berwarna putih murni, namun memiliki mata ruby / merah, sehingga dengan mudah bisa dibedakan dari jenis leucistic.


Mosaic

Jual Sugar Glider mosaic mozaic murah

Memiliki pigmen putih dan grey yang random pada tubuhnya, sehingga warna bulunya memiliki berbagai macam pola / pattern. Pada bagian leher, kaki, dan ekor biasanya berwarna putih.


Pie
Bald / Marble Mosaic

Jual Sugar Glider mosaic mozaic piebald murah

 

Jual Sugar Glider mosaic mozaic piebald murah
Merupakan variasi jenis mosaic yang Memiliki pigment yang tidak beraturan sehingga bulunya memiliki pattern yang unik, biasanya memiliki spot hitam diantara bulu putih, atau sebaliknya, jenis ini sangat langka dalam jenis sugar glider.
AdewapGlider.com di dalam peternakan kami, kami berusaha mengembangkan jenis sugar glider menurut jenis gen dan warnanya, yang membuat joey kami sangat bervariasi dan memiliki warna yang indah. Jika anda mencari sugar glider, anda sangat beruntung karena kami menyediakan berbagai macam jenis sugar glider berikut aksesori & makanan yang anda butuhkan dalam pemeliharaan hewan imut ini.
Posted on

Tahap awal memelihara sugar glider bagi pemula / newbie

PENGETAHUAN DASAR PERAWATAN SUGAR
GLIDER (SG):
 
Jual Sugar Glider murah
KANDANG
Sejinak apa pun seekor SG, sebaiknya kita tetap memberinya kandang.
Hal ini bertujuan selain memberinya wilayah territorial, juga untuk mencegah terjadinya insiden berupa tertindih atau terinjak karena sifat SG yang suka bersembunyi di tempat-tempat sempit dan cenderung gelap.
Tidak ada ukuran “ Kandang Ideal ” bagi SG. Ukuran yang berlaku adalah “ Makin Besar Makin Baik ”.  Kandang SG harus dapat memuat minimal satu pouch untuk tidur, satu
tempat makan, satu tempat minum dan masih memiliki ruang yang cukup untuk SG
beraktifitas. 
Pastikan bahwa kandang bebas dari karat, cat yang mengelupas ataupun
bagian-bagian tajam yang dapat menusuk atau melukai SG. Jarak antar jeruji  maksimal 1,2 cm dan beri kunci/kait tambahan sebagai pengaman pada pintu-pintu kandang. 
Cucilah kandang sedikitnya satu minggu sekali, semprot dengan desinfektan lalu keringkan dengan lap yang dapat menyerap air. Jemur di bawah sinar matahari selama -/+ ½ – 1 jam agar bakteri, jamur dan patogen lainnya mati.
2.
MAKANAN DAN MINUMAN

Berhati-hatilah dalam pemberian makanan dan minuman karena SG dapat makan hampir segala sesuatu yang diberikan kepadanya.. Pemberian makanan dan minuman yang tepat akan berdampak pada kehalusan dan keindahan bulu SG, ketahanan terhadap penyakit, kesehatan organ reproduksi dan aktivitas SG sehari-hari.
Makanan dan minuman  yang aman
meliputi :
·
Bubur Bayi yang tidak
mengandung Susu maupun Bawang-bawangan
·
Oatmeal yang dihaluskan
·
Jangkrik yang bukan hasil
tangkapan liar karena dikhawatirkan telah terkena pestisida
 ( Berikan dalam jumlah terbatas )
·
Ulat Hongkong / Ulat Jerman /
Ulat Pisang  ( Berikan dalam jumlah
terbatas )
·
Dada Ayam Rebus tanpa bumbu /
Putih Telur ayam yang sudah direbus
·
Buah-buahan : Apel, Pisang,
Melon, Pepaya, Semangka, Blewah, Ceri, Kelapa, Pir, Aprikot, Lengkeng (sebaiknya
diberikan selang-seling untuk mencegah kebosanan dan untuk mengantisipasi efek
dari beberapa jenis buah yang sifatnya “panas” seperti lengkeng)
·
Sayur-sayuran : Sawi hijau,
Selada Air, Kentang rebus, Wortel rebus, Bayam, Ketimun, Tomat, Jagung manis,
Ubi rebus (sama seperti buah sebaiknya diberikan selang-seling)
·
Cemilan SG : Fish Snack, Gobe,
Marshmellow
·
Madu murni
·
Air putih matang : Walaupun SG
terlihat tidak pernah minum namun sebagai mahluk hidup SG juga membutuhkan air
sehingga air minum yang layak dikonsumsi harus selalu disediakan
·
Air Kelapa Murni : Sebagai
terapi anti dehidrasi dan penanggulangan pertama pada gangguan pencernaan
·
Minyak Ikan
3.
PERAWATAN SEHARI-HARI
platinum mosaic joey

SG memiliki kebiasaan untuk membersihkan dirinya sendiri (grooming) sehingga  tidak perlu dimandikan, cukup dibersihkan
dengan tissue basah non-alkohol dan menjaga kebersihan kandang beserta
aksesorisnya.

Apabila karena sebab-sebab tertentu SG terlalu kotor sehingga sangat perlu dimandikan, celupkan handuk kecil ke dalam air hangat yang diberi sedikit sabun/shampoo bayi non-alkohol, peras lalu usapkan secara lembut ke tubuh SG. Setelah bersih, segera keringkan SG tersebut dengan handuk kering yang lembut. Jangan menggunakan Hair Dryer karena beresiko membakar daun telinga SG
yang sangat tipis.
4
credited by om Fay – Tangerang

 

               
Posted on

Cara mengobati sugar glider yang terluka karena kawin

sugar glider sakit terluka

Teman teman semua mungkin sugar glider nya sedang mengalami luka di bagian punggung, terbuka lebar dan bernanah. Kejadian ini juga sering di alami oleh para adopter sg lain. Luka lebar pada sugar glider di daerah punggung biasanya disebabkan karena penolakan sugar glider betina saat kawin dengan jantan, biasanya sugar glider betina menolak untuk kawin karena merasa belum terbiasa dengan pasangan jantan ataupun sedang IP / In Pouch sehingga sugar glider jantan memaksa kawin dengan menggigit punggung sugar glider betina, sering kali sugar glider yang IP, anaknya juga dimakan oleh pejantan untuk memastikan dia mau kawin dan menghasilkan keturunan dari pejantan dominan.

Cara Menjodohkan sugar glider yang aman

Maka dari itu sebaiknya untuk menjodohkan sugar glider pejantan dengan betina melalui proses perkenalan dengan mendekatkan 2 kandang berisi sugar glider jantan dan sugar glider betina berdekatan selama 3 hari sampai 1 minggu, dengan cara ini biasanya sugar glider akan mulai berinteraksi atau berkenalan dengan jantan tanpa saling melukai / berkelahi.

Setelah 3-7 hari, gabungkan kedua sugar glider, dengan mengambil pejantan dan memasukkkan ke dalam kandang si betina, Bila indukan betina yang dimasukkan ke dalam kandang pejantan biasanya jantan merasa ada ancaman karena ada hewan lain yang masuk ke dalam daerah teritorialanya.


Cara mengobati sugar glider yang terluka karena di gigit pejantan saat kawin 

Siapkan beberapa obat berikut ini :
1. Gentacimin salep
2. Obat Serbuk Tabur luka Enbatik
3. alkohol 70%

 

Alkohol

GentaciminJika sugar glider digigit pejantan saat kawin, dalam 3 hari kemudian biasanya sugar glider betina akan mengalami infeksi di bagian yan digigit, biasanya di daerah punggung betina, dikarenakan bakteri yang masuk melalui gigitan sugar glider jantan. hal ini bisa di obati dengan membersihkan bagian luka yang terinfeksi denga alkhohol, kemudian setelah luka bersih, berikan salep gentacimin (jangan terlalu tebal) setelah itu taburkan dengan serbuk antibiotik enbatik untuk  menutupi permukaan kulit sugar glider yang terluka serta menghindarkan dari bakteri lain.

Ulangi langkah tersebut 2 – 3 kali sehari selama 2 minggu, jika infeksi belum terlalu parah biasanya sugar glider akan sembuh setelah 3 minggu, setelah luka menutup sempurna bulu sugar glider pun akan tumbuh kembali, Berikan pakan yang bergizi seperti Ulat hongkong dan Ulat jerman saat proses penyembuhan untuk mempercepat regenerasi sel yang terluka pada sugar glider kita.

Jika dalam beberapa hari sugar glider kita tidak kunjung membaik, sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan untuk penanganan yang lebih intensif.

Semoga artikel ini membantu sobat semua dalam mengobati sugar glider kesayanganya,

Posted on

Hewan apakah sugar glider itu?

Jual Sugar Glider murah Hewan yang dinamakan sugar glider (pelayang gula) adalah sejenis tupai berkantung dan
mempunyai membran
melayangnya, yang dikenal sebagai patagium, yang memanjang dari kaki depan ke kaki belakang. Berfungsi untuk melayang sebagai sarana yang efisien untuk mencapai makanan dan menghindari predator. Mereka memiliki penampilan dan kebiasaan yang sangat mirip dengan tupai terbang meskipun tidak terkait erat. Hewan ini hidup dimalam hari dan suka makanan yang manis. Hal inilah alasan hewan ini dinamakan sugar glider.
Nama ilmiahnya, Petaurus breviceps, diterjemahkan dari bahasa Latin sebagai “penari tali berkepala pendek”, sebagai referensi untuk aksi akrobat salto kesukaan sugar glider.
sugar glider berinteraksi

Sugar glider adalah hewan satu-satunya spesies Petaurus yang berasal dan ditemukan di seluruh bagian utara dan timur daratan Australia, Tasmania, New Guinea dan beberapa pulau terkait, Kepulauan Bismarck, Kepulauan Louisiade, dan pulau-pulau tertentu di Indonesia, Kepulauan Halmahera di Maluku Utara.  

joey meluncur sg

Saat ini Sugar glider mulai langka di daerah asal usulnya dan telah dikonservasi  pemerintah setempat. Untuk itu para pecinta hewan berusaha melestarikan sugar glider ke seluruh penjuru dunia.

peta penyebaran sugar glider

Fosil sugar glider Australia paling awal ditemukan di sebuah gua di Victoria dan berumur 15.000 tahun yang lalu, pada zaman Pleistosen.  Pengenalan sugar glider yang diidealkan ke Tasmania pada tahun 1835 didukung oleh tidak adanya sisa-sisa kerangka pada endapan tulang subfosil dan kurangnya nama Tasmania Aborigin untuk hewan tersebut. Di Australia, distribusi sugar glider sesuai dengan hutan di sepanjang garis pantai selatan, timur dan utara, dan meluas sampai ketinggian 2000 m di kisaran timur.  Dari Tasmania sugar glider diperkenalkan dan berkembang ke Amerika dan akhirnya ke Asia.

Posted on

Pola kehidupan sugar glider

Mereka memiliki pola hidup berkelompok dihabitat yang luas, yang menghuni hutan hujan dan perkebunan kelapa di New Guinea; Dan hutan hujan, hutan basah atau kering dan hutan akasia di Australia; Lebih memilih habitat dengan spesies tanaman Ekaliptus dan Akasia.

 Inilah penyebab sugar glider mudah akrab dengan manusia dan hewan jenis lain yang
sudah dilatih untuk hidup dalam satu wilayah, bahkan sugar glider memungkinkan untuk dilepas didalam rumah dan hidup berdampingan dengan manusia seperti layaknya kucing dan anjing. Pastikan semua jenis hewan terlatih untuk bisa saling menerima dan berdampingan sebelum dipertemukan langsung ya. Terutama waspadai jenis hewan yang secara alami adalah predator seperti burung pemangsa, anjing, kucing, musang, ular, dan hewan pemangsa lainnya.
Jika dipelihara dalam kandang, sebaiknya sugar glider sering diajak berinteraksi. Supaya dia merasa menjadi bagian dari kita, sehingga menghilangkan ketakutannya.
Persyaratan habitat struktural utama adalah sejumlah besar batang di dalam rimbunan dedaunan tengah dan atas yang padat, yang cenderung memungkinkan pergerakan mereka efisien melalui rimbunan dedaunan. Sugar glider aktif di malam hari, dan berlindung serta beristirahat di pohon yang dilapisi ranting rindang di siang hari. Mata sugar glider diciptakan untuk melihat dalam kegelapan, sehingga rentan terhadap cahaya yang sangat terang. Jadi jangan biarkan sugar glider terpapar sinar matahari langsung ya. Sebab membahayakan kesehatan mata sugar glider.
Sugar glider dapat mentolerir suhu udara sekitar hingga 40 ° C (104 ° F) melalui strategi perilaku seperti menjilati Mantel dan eksposur daerah basah dan berangin, serta minum sejumlah kecil air. Hal ini perlu diwaspadai karna sugar glider rentan terhadap panas dan mudah mengalami dehidrasi hingga kematian akibat suhu ekstrim. Jadi jangan biarkan
sugar glider kepanasan ya.
 Dalam cuaca dingin, sugar glider akan berkumpul bersama untuk menghindari kehilangan panas, dan akan menjadi berperilaku kurang aktif untuk menghemat energi. Meringkuk sebagai mekanisme penghematan energi, tidak seefisien berperilaku kurang aktif yang diterapkan sugar glider. Sebelum menjadi berperilaku kurang aktif, sugar glider akan mengurangi aktivitas dan suhu tubuh secara normal agar mengurangi pengeluaran energi dan menghindari pemborosan
energi
.  
Saat musim dingin, sugar glider akan masuk ke dalam berperilaku kurang aktif sehari-hari selama 2-23 jam sementara dalam fase istirahat di siang hari. Tetapi berbeda dari hibernasi, saat berperilaku kurang aktif itu biasanya merupakan siklus harian jangka pendek, yang menghemat energi untuk sugar glider dengan membiarkan suhu tubuhnya turun hingga minimum 10,4 ° C (29,7 ° F) [29] sampai 19,6 ° C (67,3 ° F). Dalam pemeliharan sugar glider, maka kita bisa siasati dengan memberikan rumah atau tempat dan kain untuk sugar glider bersembunyi dari udara dingin. Kandang juga ditambahkan penutup, sehingga membuat suhu dalam kandang lebih hangat.