Posted on

Ingin Menjual Sugar Glider? Ini 3 hal yang Harus Diperhatikan

Pernah melihat sugar glider? Secara fisik hewan ini mirip dengan tupai atau bajing, hanya saja ukurannya jauh lebih mungil. Panjang tubuh hewan lucu ini sekitar 12-17 cm saja, sedangkan beratnya tidak lebih dari 200 gram. Jadi jangan heran jika belakangan banyak sekali orang yang berminat untuk memelihara sugar glider.

Tingginya angka peminat hewan yang juga dikenal sebagai possum melayang ini secara tidak langsung membuat jumlah peternak  dan penjual sugar glider juga meningkat. Apalagi belakangan harga hewan lucu ini semakin meningkat. Jadi jika bicara soal keuntungan, bisnis jual sugar glider jelas sangat menggiurkan.

Nah, jika Anda tertarik terjun di bidang budidaya hewan yang berasal dari Indonesia Timur ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya,

  1. Persiapan mental

Meskipun kelihatannya mudah, beternak sugar glider bukan hal yang bisa disepelekan. Pengetahuan dasar tentang perawatan hewan ini tentu sangat dibutuhkan. Jangan sampai hanya karena tergiur untung, Anda lalai dan tidak memperhatikan setiap detail.

Tidak hanya soal kandang, Anda juga harus tahu makanan apa yang harus diberikan, bagaimana cara merawat sugar glider yang sedang sakit, hingga bahan-bahan kimia yang tidak boleh dikonsumsi. Jadi, sebelum terjun di bisnis ini, pastikan Anda menguasai beberapa ilmu dasar dan pengetahuan umum.

  1. Waktu, tempat, dan tenaga yang memadai

Agar bisnis jual sugar glider mendatangkan keuntungan, Anda harus cukup berdedikasi dan mencurahkan segala pikiran pada bisnis ini. Sediakan waktu, tempat, dan tenaga yang memadai untuk mengelola peternakan sugar glider.

Bahkan jika bisa, sediakan tempat yang nyaman dan leluasa agar sugar glider tidak mudah bosan atau mengalami obesitas. Sisihkan juga sebagian besar waktu untuk mendedikasikan diri pada bisnis yang dijalani. Karena meskipun perawatannya cukup mudah, sugar glider tetap membutuhkan perhatian khusus agar bisa tumbuh dan terjual dengan baik.

  1. Mulai dengan 2 ekor sugar glider sebagai indukan

Untuk memulai bisnis ini, belilah sepasang sugar glider sebagai indukan. Hewan lucu ini biasanya dijual sekitar Rp400.000 hingga Rp600.000 per ekor. Saat memilih indukan, pilihlah hewan yang bermata jernih, bulunya lembut (tidak kumal), tidak cacat, ekor utuh, dan tidak memiliki luka.

Karena bagaimanapun juga, indukan unggul dapat menentukan kualitas anakan yang dihasilkan.

Jadi, masih tertarik untuk berbisnis jual sugar glider? Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi para calon peternak dan penjual hewan lucu nan mungil tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *